Jumat, 06 April 2012

“PEMKAB SIMALUNGUN LAKSANAKAN LAYANAN KB GRATIS”


SIMALUNGUN-MG,Pemkab Simalungun terus berupaya meningkatkan kesejahteran masyarakat dengan melaksanakan berbagai program pembangunan, salah satunya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui program Keluarga Berencana (KB). Ini bertujuan untuk menekan angka kelahiran.


      Dalam rangka merealisasikan program tersebut, Pemkab Simalungun bekerjasama dengan Rumah Sakit Balimbingan PTPN-IV melaksanakan pelayanan KB Kontab (Kontrasepsi Mantab) bagi masyarakat secara gratis. Kegiatan ini ditinjau secara langsung oleh Bupati Simalungun JR Saragih, bersama Ketua TP PKK Ny Erunita JR Saragih, dan para pejabat struktural didampingi maneger RS Balimbingan, Selasa 3 April 2012.               

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keluarga Berencana (KB) Sudung Sinaga, mengatakan layanan ini dilaksanakan mulai 3 – 4 April 2012, dengan sasaran 250 peserta KB dan tidak dikutip bayaran.

Sementara itu, JR Saragih menuturkan, layanan KB Kontab adalah upaya Pemkab Simalungun dalam menekan angka kelahiran. Namun jika dibanding dengan angka kelahiran tahun 2010 – 2011 memang masih cukup tinggi. Menurutnya, ini juga bertujuan dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat adalah membuka Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) selama 24 jam.

“Dengan diberlakukannya pelayanan 24 jam dapat menekan angka kematian hampir 20 persen, dan ini telah ditinjau langsung ke Puskesmas. Namun untuk menekan angka kelahiran belum signifikan. Hal ini juga menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat untuk kesehatan semakin baik dengan angka kunjungan meningkat 20 – 30 % setelah dibukanya Puskesmas 24 jam,” katanya.

Menyinggung anggaran yang dibutuhkan dalam layanan kesehatan bagi masyarakat, bupati mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar pemerintah pusat dapat mengucurkan dananya. Karena untuk kegiatan sepertinya juga telah di programkan oleh pemerintah pusat.  JR Saragih juga berharap kepada seluruh masyarakat untuk memanfaat layanan kesehatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus berkelanjutan, sehingga masyarakat di kecamatan lain juga mendapat layanan yang sama dan memanfaatkan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.
Dalam kegiatan itu, Ketua TP PKK Ny Erunita JR Saragih memberikan bingkisan bagi para peserta KB. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar